Langsung ke konten utama

Unggulan

Things in the School

  Things in the School Bag  (Barang-barang yang ada di dalam tas sekolah) pencil = pensil pen = pulpen eraser = penghapus correction pen = tipe-x pencil sharpener = rautan pensil ruler = penggaris cutter = pisau kecil  pencil case = tempat pensil lesson book = buku pelajaran book = buku drawing book = buku gambar color pencil = pensil warna binder = binder scissor = gunting marker = spidol compass = jangka stapler = hekter Things at the Classroom  (Benda-benda yang ada di kelas) desk = meja chair = chair blackboard = papan tulis hitam whiteboard = papan tulis putih eraser = penghapus cupboard = lemari computer = komputer screen = layar untuk proyektor air-conditioner = pendingin ruangan fan = kipas angin bookshelf = rak buku noticeboard = mading map = peta globe = globe ball = bola bell = bel Rooms in the School  (Ruangan yang Ada di Sekolah) canteen = kantin library = perpustakaan teachers room = ruang guru office = ruang kepala sekolah classroom = ruangan kelas laboratory = laborator

Rokok ini Membunuhku


Rokok ini Membunuhku
“Kau hancurkan aku dengan sikapmu, tak sadarkah kau telah menyakitiku ? lelah hati ini menyakinkanmu, cinta ini membunuhku!” ingat potongan lirik tersebut ? tau dong hehe. Itu adalah salah satu potongan dari lirik band d’masiv. Dan saya terinspirasi dari lagu tersebut, untuk membuat judul bab diatas, yaitu tentang rokok. Dan Alhamdulillah dapat judul yang lumayan bagus, yaitu rokok ini membunuhku!
Entah disadari atau tidak oleh para perokok bahwa semakin dalam dan sering seseorang menghisap rokok, maka semakin rentan dia terkena penyakit akibat racun yang berasal dari rokok yang dihisapnya. Sudah bukan rahasia umum lagi jika di dalam rokok terdapat berbagai macam zatberbahaya yang dapat menimbulkan penyakit-penyakti yang mematikan. Hingga di setiap bungkus rokok selalu ada kalimat, “Merokok dapat menimbulkan berbagai macam penyakit dan gangguan kehamilan dan janin”. Kalimat tersebut mungkin sudah kita hafal di luar kepala, namun yang aneh dan mengherankan meskipun sudah ada himbauan seperti itu, rokok masih tetap saja di produksi, dijual, dan di konsumsi secara massal. Namun penyakit yang ditimbulkan oleh sebatang rokok tidak hanya yang tercantum dalam bungkus rokok itu saja, ada beberapa penyakit mematikan yang ditimbulkan oleh rokok, yaitu : penyakit jantung, penyakit paru, kanker paru, kanker mulut, kanker kotak suara atau laring, kanker tenggorokan atau kerongkongan, kanker ginjal, kanker kandung kemih, kanker gastrointestinal (kanker pencernaan), kanker perut pankreas, kanker leher rahim, kanker darah (leukemia), diabetes, penyakit mata, stroke, penyakit pembuluh darah, penyakit ginjal, disfungsi ereksi atau impotensi. Masya Allah begitu banyaknya penyakit yang bisa menjakiti para perokok, namun tidak berhenti sampai disitu asaja ternyata, seorang wanita apalagi ibu-ibu hamil yang merokok bisa terkena penyakit-penyakit ini ; kanker payudara, kanker serviks, infertilitas (kemandulan), keguguran, kamatian janin, bayi berberat badan rendah, dan sindrom kematian mendadak bayi. Jadi masih mau membunuh diri sendiri secara perlahan dengan merokok ?
Selain terdapat berbagai macam penyakit, Di dalam rokok terdapat berbagai macam zat-zat senyawa kimia berbahaya bagi tubuh manusia, tercatat ada sekitar 4000 jenis senyawa kimiawi berbahaya untuk tubuh. diantaranya adalah :
Nikotin
Zat inilah yang menyebabkan seseorang menjadi kecanduan terhadap rokok. Nikotin dikenal sebagai rajanya zat adikitif. Nikotin selain membuat seseorang ketagihan, juga bisa menyebabkan kanker, gangguan usus, kelenjar liur, mempercepat menopause, dan gangguan fungsi ovarium. Dan efek nikotin tidak hanya berhenti sampai disitu, nikotin adalah vasokonstriktor, yang dapat memperkecil pembuluh darah arteri, sehingga jantung bekerja lebih keras memompa darah ke seluruh tubuh dan berdampak pada terganggunya kendali otak untuk merasakan kenikmatan. Hal itulah yang membuat seorang perokok aktif kadang kehilangan selera untuk mengonsumsi makanan, karena baginya rokok adalah hidangan yang terlezat dan itu yang membuat rokok menjadi candu baginya yang tidak bisa dihentikan. Oleh sebab itu, nikotin juga terbukti mampu merusak jaringan otak serta menyebabkan darah cepat membeku dan mengeraskan dinding arteri.
Tar
Pernah melihat pembuatan aspal ? Nah salah satu bahan yang di gunakan untuk membuat aspal adalah Tar ! Bayangkan bagaimana jadinya apabila bahan yang seharusnya digunakan untuk membuat aspla malah ada dalam tubuh kita ? Terlebih zat ini dapat menyebabkan kanker ketika menempel di paru-paru kita. Selain kanker, hal berbahaya yang ditimbulkan oleh zat ini bagi tubuh kita adalah membunuh sel dalam saluran darah, Meningkatkan produksi lendir diparu-paru, Menyebabkan kanker paru-paru.
Karbon Monoksida
Sebagaimana kita ketahui bahwa gas ini dapat menyebabkan penyakit jantung karena mampu mengikat oksigen dalam tubuh. Zat ini biasanya selain di rokok, juga kita dapati pada asap knalpot kendaraan bermotor. Karbon monoksida mengambil atau mengikat oksigen dalam darah lebih banyak dan sehingga jantung memompa darah lebih banyak. Lalu apa yang terjadi ? Yang terjadi selanjutnya adalah jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah, dan  jika jantung bekerja lebih keras di tambah tekanan darah tinggi, maka bisa menyebabkan serangan jantung. Dan selain mengikat oksigen, gas ini juga dapat mengikat hemoglobin yang bisa menyebabkan kita kekuarang nafas. Dan karbon monoksida juga menghalangi transportasi dalam darah.
Dan bagi kamu-kamu yang ingin terlihat lebih tua, maka rajin-rajinlah merokok! Hehe. Himbauan dan anjuran yang menyesatkan. Tapi ini serius loh, salah satu fungsi dari karbon monoksida adalah merusak sistem reparasi kulit! Dan tentu hal tersebut bisa membuat kulit kita akan kehilangan sinar alami dan daya tariknya, sehingga menjadi terlihat pucat, kulit wajah berwarna kuning keabu-abuan, dan tampak lebih tua dari yang sebelumnya. Mau ? mau ? mau ? tentu tidak kan ? maka dari itu biar tidak terlihat semakin tua sebelum waktunya, stop merokok dari sekarang.
Zat Karsinogen
Zat ini termaksud salah satu zat yang berbahaya, karena zat ini dapat memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Dan di dalam sebatang rokok terdapat 43 senyawa kimia yang bersifat karsinogen. Dalam sebuah penelitian juga ditemukan fakta bahwa sekitar 40 persen perokok terkena kanker kandung kemih, hal itu terjadi karena di dalam rokok terdapat kadar tinggi dari senyawa 2-naphthylamine yang ada dalam rokok menjadi karsinogen yang pada akhirnya mengarah menjadi kanker kandung kemih.
Zat Iritan
Selain Zat Karsinogen, terdapat pula zat iritan. Zat ini juga tidak kalah bahayanya dari zat karsinogen yang bisa memicu pertumbuhan sel kanker. Zat iritan ini bisa mengotori saluran udara dan juga kantung udara di dalam paru-paru kita, dan zat inilah yang menyebabkan kita batuk-batuk.
Selain zat-zat senyawa kimia yang telah disebutkan di atas, di dalam rokok juga terdapat zat arsenik yang biasa digunakan untuk meracuni tikus. Kemudian ada amonia, zat yang satu ini dikenal sebagai salah satu bahan yang digunakan untuk membersihkan lantai. Dan tentunya masih terdapat ribuan zat-zat senyawa kimia berbahaya di dalam rokok, yang patut kita cermati dan hindari.

Komentar

Postingan Populer